Senin, 11 Maret 2013

Mengenal Iklan Promoted Post pada Fanpage Facebook

Promoted Post adalah salah satu jenis iklan facebook dimana kita mengiklankan salah satu posting Fanpage Facebook kita untuk dilihat oleh sejumlah Fans atau dan teman facebook dari Fans tersebut. Jangkauan orang yang akan melihat Promoted Post ini bergantung pada sejumlah dana yang kita set. Postingan kita akan diprioritaskan tampil paling atas di News Feed Fans atau teman dari Fans Fanpage Facebook kita. Berbeda dengan Tipe Promoted Post pada Facebook Profile yang sudah dibahas di artikel sebelumnya.




Durasi iklan ini berkisar 3 Hari dengan persyaratan fans yang dimiliki minimal 400 likes dan ketika posting berupa Gambar maka text dalam gambar tidak melebihi 20% dari Gambar, dan begitu juga ketika Tautan, maka preview Tumbnail juga tidak boleh tumbnail dengan dominan Text yang lebih dari 20%. Akun Facebook yang mengeksekusi iklan Facebok Promoted Post ini adalah Manajer, Pembuat Konten, Pengiklan dengan wewenang yang berbeda. Kami anjurkan yang mengeksekusi adalah yang merupakan Manajer karena opsi akan lebih baik, misalnya: Ketika yang mengeksekusi pembuat Konten durasi iklan akan tidak lebih lama, berkisar 2 hari. Jadi kita dapat meminta bantuan rekan yang sudah memiliki Metode Pembayaran kepada Iklan Facebook dengan Menjadikan Admin pada Fanpage Facebook kita

Beberapa Manfaat Promoted Post Fanpage Facebook adalah sebagai berikut:

1. "Menghidupkan kembali" fans yang selama ini tidak melihat postingan Fanpage Facebook kita, karena dengan dikeluarkannya Alogaritma EdgeRank Facebook telah mengumumkan bahwa mayoritas Fanpage Facebook yang beredar hanya akan menjangkau 16% dari total fans per status Fanpage Facebook yang kita buat.

2. Merupakan alternatif bagi Anda yang ingin memulai iklan Facebook, karena jenis iklan Facebook ini Low Budget dan efektif serta lebih dapat dipahami bagi pemula dibanding dengan jenis iklan Facebok lainnya yang mayoritas pemula gagal dan hanya keluar busdget besar.

3. 

Mengenai cara promoted post fanpage facebook adalah sebagai berikut:

1. Pergilah ke Fanpage Facebook Anda, lalu cari postingan mana yang akan Anda promosikan, di pojok bawah kanan ada icon "Promote", klik icon tersebut.




2. Kemudian akan muncul tampilan setting untuk Budget iklan Facebook ini. Makin tinggi budget yang Anda pilih, maka akan semakin besar pula jangkauan orang yang akan melihat posting yang kita promosikan ini. Pada gambar dibawah ini terlihat ada pilihan siapa yang dapat melihat, yaitu fans ataukah fans dan teman facebook dari fans. Kemudian Pilihan Budget untuk tiap posting yang terdapat di Fanpage Facebook Anda akan dimungkinkan berbeda.



Budget tiap posting akan berbeda, umumnya adalah Posting berupa Link Tautan, Video dan Gambar dengan budget yang sama akan lebih sedikit jangkauannya dengan posting berupa status biasa. Analogi ini sangat adil karena ketika suatu Fanpage posting status tanpa iklan facebook posting berupa status fanpage akan lebih banyak dilihat orang daripada posting berupa Link, Gambar, dan Video, dan bergantung juga dengan muatan viral di dalam postingan tersebut, oleh karena itu Meningkatkan Jangkauan Fanpage Facebook sangatlah penting agar menjaga fans tetap melihat postingan kita.

Adapun pilihan budget yang tampil di suatu Fanpage akan berbeda dengan Fanpage yang lain. Pilihan Budget minimal adalah 5 USD untuk fanpage dengan fans kecil, makin besar Fans maka makin besar pula budet minimal, bahkan penulis sempat mengecek pada Fanpage yang memiliki fans di atas 100.000 likes, kami coba klik dan tampilan budget minimal adalah 100 USD (Rp. 1 Juta rupiah).

3. Ketika sudah disetting semua maka tinggal eksekusi dengan Klik Tombol "Promote". Dan sebelumnya Anda sudah mensetting metode pembayaran pada iklan Facebook. Jika sebelumnya sudah mensettin, maka akan langsung berjalan iklan Facebook ini, dan ika belum disetting maka akan muncul pilihan metode pembayaran.

Selama iklan ini berjalan kita dapat mengetahui Budget yang sementara ini dihabiskan (Budget Spent) dan jangkauan yang sudah terjangkau (Paid Reach) dengan budget yang telah keluar. Dan di bagian "Activity" kita dapat mengetahui berapa jumlah yang like, comment, share click Photo, click Link pada posting yang kita promosikan.




Di pojok kiri bawah postingan juga akan muncul total Jangkauan sementara yang dapat dijangkau, dan jika kita klik akan muncul keterangan jumlah jangkauan yang dapat kita jangkau melalui iklan, organik (tanpa iklan), dan viral (efek dari postingan yang shareable content dan ini tidak masuk hitungan berbayar)





Promoted Post Fanpage Facebook ini sewaktu-waktu dapat kita berhentikan dengan meng-klik icon "gerigi" seperti pada Gamabar di atas disebelah pojok kiri bawah gambar, kemudian klik "stop promotion". Kita memberhentika promoted post jika dirasa kurang efektif selama iklan ini running. 

Mengenai Tips Efektif beriklan Promoted Post Fanpage Facebook ini akan dipaparkan pada artikel selanjutnya. Keep stay tune dan berlanggananlah update artikel melalui email. Semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar