Kamis, 07 Maret 2013

Perbedaan Facebook Profile vs Fanpage Facebook untuk Berjualan

Menggunakan Facebook untuk Berjualan, Mungkinkah? Jika Anda menjawab Tidak, maka Anda sudah terlampau jauh tidak mengikuti trend perkembangan social media. Lupakan sejenak, mari kita mulai melangkah dan agar tidak salah melangkah menggunakan facebook untuk bisnis. Kebanyakan new comers facebook online shop, terutama Ibu dan wanita pada umumnya masih perlu peningkatan marketing dalam bisnis online via facebook, mereka masih cenderung memakai cara "jadul"/tradisional; Tagging foto dll, Sedangkan perkembangan Facebook untuk berjualan sekarang semakin prospektif. Kita lihat pembahasannya.




Akun Profil Facebook untuk sekarang ini jika ingin kita bandingkan aspek jangkauannya memang juga dapat dikatakan luas. Dengan maksimal 5000 Friend list dan unlimited (Tak Terbatas) orang berlangganan (subccribe) pada akun yang dijadikan jualan membuat batasan jangkauan pemasaran pun juga luas. Begitu juga dengan Fanpage yang tidak terbatas jumlah likes (yang menyukai). Namun, ada beberapa aspek yang dapat kita bandingkan untuk kefektifitasannya.

1. Sama-sama memiliki jangkauan yang luas, apakah sama-sama efektif?

Jika Akun Facebook update status, yang terjangkau adalah teman dan seluruh pelanggannya. Begitu juga dengan Fanpage jika update status yang terjangkau adalah likers-nya. Pada dasarnya akun facebook tidak diperuntukan sebagai akun untuk jualan, ini adalah berdasarkan Facebook sendiri, facebook mengkhususkan jika ingin sedari awal berbisnis menggunakan Facebook, maka pilihlah Fanpage Facebook. Bagaimana jika kita tetap menggunakan akun facebook untuk berjualan?

Teman penulis sendiri yang masih "lugu" akan Fanpage Facebook, namun beliau bisa menghasilkan penjualan dengan omzet lebih dari Rp. 30 juta,- /Bulan, dengan harga jual per produk berkisar Rp. 100rb,-. Dia menggunkan 3 Akun Facebook karena friend list yang sudah melampaui batas berurutan dari akun pertama hingga akun ke-3. Entah apa alasannya mengapa dia membuat akun baru, padahal calon konsumen masih bisa jadi subscribers-nya. Namun, sebagaimana diketahui dalam akun Facebook jika antar akun belum berteman, maka aktifitas pengirman pesan facebook (Inbox) akan masuk dalam bagian (others).


Perbedaan dari subscribers dengan teman facebook adalah jika subscribers, maka update status dia tidak kelihatan di beranda kita, dan update kita kelihatan diberanda dia, mengenai dapat berkomentar atau tidak bisa disetting di privasi setting facebook account Anda.

Disisi lain dalam mengelola Fanpage Facebook harus telaten dan tetap terjaga, apalagi dengan adanya Alogaritm EdgeRank yang membuat fanpage harus tetap terjaga keaktifannya agar lebih efektif dan tidak sia-sia. Mengapa demikian? Karena kita perlu Meningkatkan Jangkauan Fanpage Facebook agar tetap terjaga  jumlah jangkauan yang melihat update status dari Fanpage Facebook yang kita kelola. Itulah sisi lain Fanpage Facebook jika dilihat dari segi jangkauan, Anda memang harus ulet dan konsisten. Namun dengan perawatan yang harus terjaga ini banyak yang bisa kita lakukan untuk menghemat waktu dan tenaga kita, misalkan dengan Aplikasi Penjadwal Status Fanpage, ini akan mengurangi kontak kita dengan Facebook dan setidaknya Fanpage akan terjaga update.

Lalu, apa kelemahan dari Akun Facebook? Bukankah tips untuk meningkatkan EdgeRank hanya berlaku pada Fanpage dan akun facebook tidak mengenal EdgeRank? Jadi update status melalui akun facebook akan tetap terlihat oleh seluruh friendlist dan subcribers bukan?

Tidak, hal ini juga berimpact pada akun Facebook, Praktikan hal ini untuk studi kasus; like, comment dan share lah status teman facebook Anda yang Anda tidak mengenalnya atau hanya sekedar pernah konfirm pertemanan, maka setelah aktifitas tersebut Facebook akan menilai kita dekat dengan dia dan status dia akan dipioritaskan terlihat pada Beranda kita, Nah jika kita soroti memang sulit untuk perjuangan Akun Facebook, umumnya akun Facebook akan lebih cenderung melakukan aktifitas like, share, comment pada teman facebook yang dikenalnya bukan? Bukan pada akun Facebook dengan pola aktifitas update status jualan? Masalah ini secara mudah teratasi untuk menangkal viralitas status kita dilihat banyak akun facebook, namun bukan pada kaun facebook, melainkan tips ini secara tepat dipraktikan pada Fanpage Facebook, yan saya maksud adalah dengan Update Status Content Viral, simak lebih jelasnya pada pembahasan yang lengkap disitu.

Ok, dari uraian di atas dapat kita simpulkan beberapa hal sebagai berikut untuk efektifitas Penggunaan Facebook:

1. Akun Facebook secara tepat jika hanya digunakan untuk representasi (hanya berteman dengan konsumen aktif, reseller, supplier, dropshiper dll)

2. Akun Facebook memungkinkan aktifitas marketing/promosi pada Group Facebook pada Poin 1 di atas, ingat, ini hanya sebatas melebarkan sayap saja.

3. Akun Facebook berperan sebagai moderator pada Group Facebook Bisnis yang Anda buat.

Adapun Fanpage Facebook berdasarkan Skema di atas secara tepat lebih mengarah kepada:

1. Promosi Produk secara masiive (langsung kepada konsumen maupun calo reseller) ke seluruh penjuru nusantara tanpa terbatas akses.

2.  Berjualan/Sales secara langsung.

3. Memperbanyak calon konsumen secara cepat. Bagaimana dikatakan cepat? Beda dengan aktifitas akun Facebook, jika ada user yang menyukai suatu Fanpage maka aktifitas menyukai tersebut akan tampil di beranda dan tampil juga di Profil yang bersangkutan pada bagian "Interest"


2. Fasilitas dan Fitur yang menunjang Berjualan di Facebook


Apa yang dimiliki oleh Facebook Profile? Yang dimiliki facebook profile dimiliki Fanpage Facebok, dan yang dimiliki Fanpage Facebook tidak sepenuhnya dimiliki oleh Facebook Profile.

- Fitur Tambahan pada Fanpage Facebook seperti "Facebook Offers" yang digunakan untuk mengumumkan diskon produk tertentu hingga periode tertentu. 


-Custom Tab Fanpage Facebook yang dapat menampilkan Tawaran-tawaran atau halaman khusus kepada calon konsumen yang terletak di bawah Like Button. Dari sisni Anda dapat Membuat Custom Tab Fanpage Facebook Halaman Diskon, Quiz, Contest, Berlangganan Berita, Iframe Website dll. 


Banyak sekali Aplikasi Facebook yang Anda dapat gunakan di Fanpage, Anda dapat mengirim pemberitahuan posting produk terbaru dari website toko online Anda ke Fanpage Facebook melalui Aplikasi RSS, Anda dapat mengadakan Contest di Facebook untuk lebih mempopulerkan Brand Anda, Anda dapat menganalisa performa kinerja Fanpage Facebook Anda dll, berbagai jenis aplikasi untuk Fanpage Facebook tersedia.


3. Targeting Calon Konsumen



Ketika kita mempromosikan sesuatu dalam status kita dapat Mensetting Target Pembaca Status Fanpage Facebook , mengenai target Umur, Lokasi, Jenis Kelamin, Interest dll, tidak begitu dengan performa facebok profile. Facebook profile tidak memiliki fitur seperti ini.



Begitu juga dengan akun facebook yang menyukai halaman kita, kita dapat Membatasi Umur Likers Fanpage Facebook yang Menyukai halaman facebook kita, dengan begitu secara leluasa misalkan Online Shop Anda menjual produk obat kuat dewasa, maka dapat Anda batasi Likersnya misalkan berumur 21+ tahun. Adapun dengan Facebook Profile akan berbahaya, apapun yang dishare privasinya tidak terbatas umur dst, inilah kesalahan new comers Online Shop yang serampangan menjual produk dewasa menggunakan Facebook Profile.




4. Menganalisa Kinerja


Dengan Fanpage Facebook, Anda dapat menganalisa Berapa Prosentase Jenis Kelamin Laki-laki dan perempuan, Prosentase umur anak muda dan dewasa dst. Ini membantu analisa apakah marketing kita sudah tepat atau belum. Nah, bagaimana dengan Facebook Profile? Tidak demikian, tidakah cukup banyak fitur fitur fanpage facebook yang membuat Anda akan beralih sekarang juga kepadanya?





5. Beriklan di Facebook


Jika Anda mempunyai kelonggaran Dana, Iklan di Facebook merupakan cara extra untuk menambah penghasilan Anda, dengan beriklan di Facebook, jangkauan customer Anda tak terbatas, bahkan sampai dengan manca negara sekalipun. Hal ini tidak dapat kita lakukan dengan Facebook Profile, Nge-add akun Facebook Lokal saja tidak diconfirm apalagi ingin merambah market luar dengan berbekal Facebook Profile, inilah keterbatasan Facebook Profile untuk bisnis online.









6. Tidak Merasa Lelah melakukan Marketing di Social Media


Satu hal yang para pebisnis Facebook alamai adalah ketidak konsistenan, mereka labil dan berhenti karena marketing pada Social Media membutuhkan waktu terus menerus, tidak begitu dengan Marketing menggunakan Search Engine (SEO), hanya dibutuhkan usaha keras di awal, bahkan ada yang mengatakan "set, and forget" , padahal dengan kita mengajak atau mengangkat staff untuk juga ikut mengelola atau berpatner denan teman, marketing social media menjadi mudah, Pilihlah Fanpage Facebook, memang jika kita berbisnis dengan Facebook Profile akan terasa lebih melelahkan, dengan dimudahkannya setting Administrator di Fanpage Facebook, memudahkan menambah supply SDM untuk ikut membantu pemasaran produk di Fanpage Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar